Serikat Pekerja Security PT. Tanjungenim Lestari akan Mogok Kembali

0
490

Serikat Pekerja PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (SPS PT. TEL) memutuskan untuk melanjutkan mogok kerja selama satu bulan pada tanggal 26 Februari – 26 Maret 2013.  Mogok kerja ini merupakan lanjutan dari mogok kerja yang telah dilakukan pada 12-14 Februari 2013 akibat PT. Tangkas sebagai badan usaha jasa pengamanan untuk PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper mengingkari Persetujuan Bersama dan melakukan PHK sepihak terhadap tiga pekerja security.
Sebagai tindak lanjut dari mogok kerja sah yang dilakukan ratusan pekerja security di PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper maka DPRD Muara Enim memanggil para pihak pada hari Senin, 18 Februari 2013 untuk memecahkan masalah yang mengakibatkan mogok kerja. Sayangnya pihak PT. Tangkas dan PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT. TEL) tidak menghadiri pertemuan ini. Oleh karena itu DPRD kembali mengeluarkan surat panggilan untuk pertemuan tanggal 22 Februari 2013 di kantor DPRD Muara Enim. Rapat ini merupakan upaya penyelesaian sehubungan pelanggaran Perjanjian Bersama yang dilakukan oleh PT. Tangkas yang mengakibatkan mogok kerja selama tiga hari pada tanggal 12-14 Agustus 2013 dan akan dilanjutkan selama satu bulan pada tanggal 26 Februari – 26 Maret 2013.

DPRD Muara Enim juga mengundang Camat dan Kepala Desa di sekitar PT. TEL untuk didengarkan penjelasanannya sehubungan dengan surat yang dikirimkan oleh Camat dan para Kepala Desa yang meminta agar PT. TEL mengganti PT. Tangkas karena sudah melanggar perjanjian bersama dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat disekitar pabrik.

Hasil rapat tersebut menghasilkan:
1. SPS PT. TEL menolak keberadaan PT. Tangkas sebagai pengelola security di PT. TEL.
2. PT. Tangkas terkait tuntutan pekerja security tersebut menyerahkan sepenuhnya kepada PT. TEL.
3. PT. TEL meminta waktu sampai dengan 1 Maret 2013 untuk menyelasaikan hubungan kerja dengan PT. TEL dan PT. Tangkas.
4. Terhadap himbauan DPRD Kabupaten Muara Enim, Security PT. TEL siap menjaga aset dan keamanan PT. TEL agar supaya tetap kondusif selama menunggu proses penyelasaian sampai tanggal 1 Maret 2013.

Selama mogok kerja tiga hari berlangsung PT. Tangkas tidak menunjukkan niatnya untuk mematuhi isi Perjanjian Bersama karena itu para pekerja meningkatkan tuntutannya menjadi usir Tangkas.

Selanjutnya,  Serikat Pekerja Security PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper akan melakukan aksi solidaritas di 6 titik lokasi di daerah Sumatera Utara mulai hari Minggu (24-28/3/13), dengan melibatkan anggota sekitar 650 orang yang terdiri dari Pengurus dan Anggota SP2RL.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solideritas sesama pekerja dan protes kepada penegak hukum (Polisi) terhadap penanganan kasus penyerangan, pengeroyok hingga pembunuhan salah seorang anggota SP2RL ( Jhon Boyler Sianturi Umur 26 Tahun) pada tanggal 13 Maret 2013 yang sampai dengan hari ini proses hukumnya jalan ditempat.

Dukungan solidaritas bagi mogok kerja ini muncul dari semua serikat pekerja di lingkuangan PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper yaitu SPPT TeL dan SP3-TEL, juga dukungan penuh dari afiliasinya yaitu FSP2KI, KSN dan IndustryALL Global Union.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here