Satu Perjuangan, FSBKU Lampung Dukung Pekerja Arnott’s

0
389
Dukungan terhadap perjuangan pekerja Arnott’s dari FSBKU Wilayah Lampung. Foto: Sepri (FSBKU)
Dukungan terhadap perjuangan pekerja Arnott’s dari FSBKU Wilayah Lampung. Foto: Sepri (FSBKU)

Dukungan terus mengalir untuk para pekerja Arnott’s Indonesia yang sedang memperjuangkan hak dan kehidupan keluarganya. Kali ini, Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) wilayah Lampung menyatakan mendukung aksi yang dilakukan oleh pekerja Arnott’s bersama Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI)-KPBI

“Pengusaha tidak dapat melakukan Pemutusan Hubungan Kerja kepada Pekerja secara sepihak tanpa adanya kesepakatan atau perjanjian bersama,” ujar Sepri. Laki-laki yang dimandatkan sebagai Ketua FSBKU wilayah Lampung itu menilai bahwa pensiun dini yang dipaksakan oleh manajemen adalah bentuk kesewenang-wenangan terhadap pekerja.

Kasus yang dialami oleh pekerja Arnott’s Indonesia bermula saat perusahaan meminta para pekerjanya untuk mengundurkan diri secara sukarela lantaran mengalami penurunan penjualan. FPBI menilai bahwa perusahaan hanya mencari alasan untuk memberangus serikat. Pasalnya, tidak lama setelah pekerja diminta untuk mengambil pensiun dini, manajemen mengumumkan memo akan merekrut 200 pekerja setelah Idul Fitri.

Sejumlah 300 pekerja berstatus permanen—di antaranya adalah pengurus serikat—dipecat secara sepihak oleh perusahaan. “Indikasinya union busting karena hampir seluruh pengurus dan anggota aktif yang kena (pengunduran diri, red),” ungkap Rizky, salah satu pengurus FPBI.

Baca juga: Pemaksaan Pensiun Dini Sukarela di PT. Arnott’s Indonesia adalah Kejahatan Kemanusiaan

Bukan kali ini saja pekerja dipecat di bulan Ramadhan ini. Tahun lalu, 1095 Awak Mobil Tangki (AMT) PT. Pertamina Patra Niaga juga dipecat menjelang bulan puasa. Pemecatan di bulan suci itu diduga terkait upaya pengusaha menghindari kewajiban membayar Tunjangan Hari Raya.

“Di tengah harapan pekerja dapat menyambut dan merayakan Hari Raya Kemenangan Idul Fitri justru menjadi kesedihan yang dialami akibat dipecat dari pekerjaannya,” ungkap Sepri bersimpati atas kasus yang dialami pekerja Arnott’s.

Baca juga: Sejarah Gerakan Buruh di Balik Kewajiban THR

Pada hari ini (31/5), para pekerja Arnott’s melakukan aksi protes di depan pabrik Arnott’s Indonesia yang beralamat di  Jl. H Wahab Affan no 8 Medan Satria Bekasi.

“Kami FSBKU-KSN Wilayah Lampung mendukung penuh aksi yang dilakukan oleh kawan FPBI-KPBI di Bekasi hari ini. Karena PHK sepihak oleh siapapun tidak akan pernah diinginkan dan juga tidak dibenarkan secara hukum,” tambah Sepri.

Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan hari ini, FSBKU Wilayah Lampung menyatakan menolak PHK sepihak terhadap pekerja PT. Arnott’s Indonesia serta mengajak seluruh rakyat untuk bersatu dan memberikan dukungan konkret terhadap perjuangan pekerja Arnott’s.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here