Pers dan Rakyat Pekerja (Bagian-3): Prinsip-Prinsip Pers Rakyat

0
17 views
Pers/ Media Massa sebagai Pilar Demokrasi
Pers/ Media Massa sebagai Pilar Demokrasi
1. Mengabdi Pada Rakyat dan Kebenaran

Pers dibentuk dan beroperasi untuk tujuan kemenangan gerakan rakyat. Atas dasar prinsip itu, garis politik redaksi dapat memberikan garis pemisah antara kawan dan lawan dan tentunya berpihak pada rakyat. Prinsip itu bertujuan untuk memberikan penerangan dan pencerdasan bagi rakyat pekerja dalam rangka memahami pengalaman ketertindasannya secara utuh. Dengan demikian, maka ‘kebenaran’ yang dipercaya oleh pers rakyat berpijak pada sudut pandang rakyat.

2. Mengabarkan Peristiwa yang Dialami Rakyat Pekerja

Karena berpijak dari sudut pandang rakyat, maka peristiwa yang dikabarkan oleh pers rakyat berfokus pada pengalaman hidup rakyat pekerja, mulai dari kesulitan hidup sehari-hari, penindasan oleh kaum pemodal, penggusuran paksa, aksi dan pemogokan, hingga tuntutan-tuntutan rakyat. Tentunya peristiwa yang dikabarkan itu harus sesuai dengan kenyataan di lapangan tanpa bumbu sensasionalitas dan rekayasa.

3. Pers Sebagai Alat Perjuangan: Kolaborasi Pers dan Organisasi Rakyat

Pers merupakan bagian yang melekat dari organisasi rakyat. Tugasnya adalah untuk mengabarkan berbagai aktivitas organisasi rakyat, mulai dari aksi, rapat maupun pendidikan-pendidikan. Tugas ini penting untuk mengampanyekan perjuangan yang dilakukan oleh organisasi rakyat itu sendiri dan menarik simpati dari massa secara luas.

4. Kesatuan Tindakan, Keterpimpinan dan Kepeloporan

Kolaborasi pers dan organisasi rakyat perlu diperluas dengan melibatkan pengurus atau anggota organisasi, maupun massa secara luas secara partisipatif. Keterlibatan itu mulai dari aktif mengirimkan tulisan atau hasil liputan lapangan, foto-foto kegiatan, atau petikan orasi. Setiap pengurus dan anggota serikat juga perlu untuk aktif mendistribusikan dan menyebarluaskan informasi dari pers rakyat secara luas ke setiap lini: dari tempat kerja hingga tempat tinggal.

Keempat prinsip itu menjadi dasar bagi memajukan gerakan rakyat. Meskipun tindakan-tindakan dalam keempat prinsip itu terkesan sederhana, namun serpihan-serpihan yang terkumpul menjadi satu itu akan menjadi kekuatan yang sangat besar. Sekalipun tindakan kecil hanya sekedar membagikan informasi dalam pers rakyat ke kerabat, namun pengaruh yang timbul olehnya menjadi sangat besar jika dilakukan secara kolektif. Upaya-upaya dari aktivis serikat mengirim tulisan terkait suatu peristiwa tertentu dapat berkontribusi besar dalam memperbesar dukungan massa.

Sebagai pengingat, Njoto pernah berpesan,
“Kewajiban pers rakyat ialah membersihkan pikiran dan perasaan rakyat dari segala racun itu, menerangkan hal-hal yang benar, menerangkan tuntutan-tuntutan yang adil, dan mendorong rakyat agar sadar akan hak-haknya sebagai warga negara dan sebagai manusia, dan mendorongnya dalam memperjuangkan cita-cita yang adil … Tetapi, bisakah suatu surat kabar rakyat dapat berkembang baik dan maju jika ia tidak didukung oleh kader-kader dan aktivis-aktivis gerakan rakyat, jika ia tidak didukung oleh seluruh rakyat?”

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here