Pemogokan di Serikat Pekerja Security PT. TEL

0
982 views

Serikat Pekerja Security-PT.TEL (SPS-PT.TEL) adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp & Kertas Indonesia (FSP2KI). SPS-PT.TEL beranggotakan para pekerja di perusahaan jasa keamanan PT.Transatriasna Maju Bersama (TANGKAS Security)yaitu perusahaan penyedia jasa tenaga keamanan (Tenaga Kerja Security) diperusahaan Pulp di Sumatera Selatan.

Pada tanggal 13 April 2012 antara SPS-PT.TEL dan Management PT.TANGKAS Security telah terjadi kesepakatan yang memuat kewajiban perusahaan terhadap pekerja. Perjanjian Bersama tersebut telah didaftarkan di Pengadilan Hubungan Industrial Kelas 1.A Khusus di Propinsi Sumatera Selatan.Tetapi dalam pelaksanaan kewajibannya pihak perusahaan PT.TANGKAS telah mengingkari isi perjanjian bersama yang sudah disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Upaya SPS-PT.TEL untuk menuntut pihak perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya kepada pekerja, memberikan hak-hak yang seharusnya diterima oleh pekerja sesuai dengan yang ada dalam perjanjian bersama sampai saat ini tidak dilaksanakan oleh pihak perusahaan.

Pihak perusahaan juga telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang tidak sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.Upaya perundingan untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial sudah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,mulai dari tingkat perundingan bipartite sampai ke tingkat Tripartit.

Pada Risalah Tripartite tanggal 06 Desember 2012 yang dimediasi oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim telah terjadi kesepakatan,tetapi pihak perusahaan PT.TANGKAS masih tetap tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan risalah perundingan tanggal 06 desember 2012.

Pada tanggal 12 Februari 2013 sampai 14 Februari 2013 seluruh pekerja anggota SPS-PT.TEL sepakat untuk melaksanakan Mogok Kerja akibat dari Gagalnya perundingan Tripartite yang terakhir tanggal 14 Januari 2013. Mogok kerja lanjutan diadakan pada 26 Feb – 26 Mar 2013.

Adapun tuntutan yang di ajukan dalam mogok ini ialah sebagai berikut:

1. Masalah jaminan pelayanan kesehatan pihak PT.TANGKAS akan mengalihkan ke perusahaan asuransi kesehatan PT.KRESNA,padahal pengalihan jaminan pelayanan kesehatan ini tidak ada dalam kesepakatan bersama tanggal 13 April 2012 dan ini adalah bentuk pelanggaran terhadap kesepakatan bersama yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.
2. Masalah perlengkapan kerja (sepatu yang berstandart safety,seragam,jaket dan mantel) akan diberikan segera dalam minggu-minggu ini. Pernyataan PT.TANGKAS ini sudah terlalu sering diumbar-umbar tetapi realisasinya tidak ada.
3. Masalah PHK sepihak terhadap tiga pekerja security,PT.TANGKAS tetap tidak melaksanakan kewajibannya,selama proses perselisihan ini pihak PT.TANGKAS tidak melaksanakan kewajibannya kepada tiga pekerja yang di PHK. Mekanisme PHK yang dilakukan tidak sesuai dengan regulasi ketenagakerjaan.

Mohon klik disini untuk menandatangani petisi online mendukung mogok kerja ini http://www.change.org/en-GB/petitions/pt-tangkas-berikan-hak-pekerja-sekarang-juga-kami-dukung-mogok-kerja-lanjutan

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here