Mengecam Penahanan Pengurus SP Bank Danamon oleh Polda Metro Jaya

0
331
Abdoel Moedjib – Ketua Umum SP Danamon (gambar:http://buruh.co)

Tujuan dibentuknya Serikat Buruh adalah berupaya untuk memperjuangkan hak demi kesejahteraan anggotanya. Abdoel Moedjib dan Muhammad Afif adalah pimpinan Serikat Buruh Bank Danamon. Keduanya merupakan penanggung jawab aksi unjuk rasa pada pertengahan bulan Maret 2017 di Jawa Timur. Mereka ditahan oleh Polda Metro Jaya pada 06 Desember 2017 dini hari setelah dilakukan pemeriksaan lebih dari 18 jam.

Pemeriksaan itu dilakukan atas laporan dari pihak manajemen Bank Danamon. Keduanya menjadi tersangka atas sangkaan tindak pidana pencemaran nama baik, fitnah dan UU ITE.

Konfederasi Serikat Nasional (KSN) ikut serta merasakan apa yang dialami oleh Abdoel Moedjib dan Muhammad Afif. Tindakan yang dituduhkan kepadanya hanyalah tindak balasan dari Direktur Utama Bank Danamon atas penyampaian pendapat di muka umum atau aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Serikat Buruh Bank Danamon. Kebebasan berpendapat dianggap sebagai pencemaran nama baik perusahaan dan fitnah terhadap manajemen Bank Danamon serta dianggap melanggar UU ITE.

Tiga anggapan inilah yang sering kali digunakan oleh Pengusaha atau pemilik usaha untuk melemahkan fungsi serikat buruh yang ada di dalam perusahaannya.

Aparat penegak hukum mestinya melihat akar persoalan yang terjadi antara pekerja dengan Pengusaha Bank Danamon. Pihak kepolisian sering kali bertindak tegas justru pada pihak yang merupakan korban penzaliman. Aparat penegak hukum justru menjadi alat bagi kaum pemodal mempertahankan kepentingannya.

Dasar inilah yang jadi penyebab mengapa kriminalisasi para aktivis Buruh sering terjadi. Selain kriminalisasi, perusahaan juga menimpakan mutasi, skorsing dan demosi/ penurunan jabatan serta intimidasi terhadap pengurus serikat buruh Bank Danamon. Padahal, apa yang dilakukan oleh serikat buruh adalah dalam upaya mempertahankan dan memperjuangkan hak anggotanya.

KSN melihat bahwa tindakan pengusaha di atas adalah tindak kejahatan terhadap demokrasi. Upaya yang dilakukan oleh pengusaha tidak lain bertujuan untuk melemahkan fungsi serikat merupakan tindakan anti serikat atau pemberangusan serikat (union busting).

Dengan demikian maka Konfederasi Serikat Nasional menyatakan sikap sebagai berikut :

  1. Mendukung upaya Serikat Buruh Bank Danamon dalam memperjuangkan kesejahteraan anggotanya.
  2. Tindakan manajemen Bank Danamon terhadap Abdoel Moedjib dan Afif adalah bentuk kejahatan terhadap demokrasi dan merupakan sikap anti serikat.
  3. Kepada aparat penegak hukum untuk memberikan penangguhan penahanan terhadap Abdoel Moedjib dan Afif.
  4. Menolak segala bentuk upaya apapun yang melemahkan serikat buruh.
  5. Jalin persatuan antar serikat buruh untuk mengalahkan kekuatan politik kapitalis.

Jakarta, 07 Desember 2017

Pelaksana Tugas

Presiden Konfederasi Serikat Nasional

Hermawan Heri Sutantyo

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here