Bayarkan Upah dan THR Penuh Seluruh Pekerja Pan Brothers

0
355

Beginilah kondisi buruh/pekerja di Indonesia hari ini, buruh/pekerja telah jadi objek penghisapan yang sangat lazim oleh perusahaan baik pada kondisi normal dan new normal seperti hari ini. Adanya pandemi yang telah melumpuhkan perekonomian makro dan mikro, namum setelah satu tahun perlahan semua kegiatan telah di sesuaikan dengan era baru.

Pemerintah juga sangat serius menstimulasi berbagai sektor ekonomi agar bangkit. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pelaku usaha wajib membayar THR, karena pemerintah sudah memberikan banyak kemudahan untuk memulihkan sektor industri. Airlangga Hartarto mengharapkan, THR akan meningkatkan konsumsi masyarakat, dan dengan demikian menggerakkan ekonomi pada Konferensi Pers 7 April 2021.

Viralnya video pendek aksi mogok pekerja PT. Pan Brothers, Tbk di Tasikmalaya dan Boyolali menjadi pertanyaan besar bagi kami PT. Pan Brother, Tbk adalah salah satu raksasa tekstil dan garmen, memproduksi 117 Juta potong pakaian (setara kaus polo), sebagian besar produk dari Pan Brothers dipasarkan di Amerika, Eropa, Asia.

Pabrik-pabrik di bawah kendali Pan Brothers memasok pakaian jadi antara lain untuk merek-merek seperti Uniqlo, Adidas, The North Face, Lacoste, Columbia, Prada, dan H&M. Jika melihat laporan keuangan PBRX 2020 dan target produksi mereka di 2021, mencicil THR dan memotong upah adalah keputusan yang memalukan.

Pada akhir 2020, Pan Brother ini meraih pendapatan sebanyak Rp7,59 triliun dengan laba bersih Rp225,18 miliar. Sebagian keuntungan mengucur di masa pandemi, sesudah perusahaan ketiban order memproduksi alat pelindung diri, yang dilanjutkan dengan produksi hazmat.

Bagaimana bisa pandemi jadi alasan tak mampu membayar upah dan thr pekerja secara penuh? Padahal pandemilah yang menjadi latar belakang banjir orderan?

Dari kantor pusatnya di Jatiuwung, Tangerang, Pan Brothers dan anak-anak usahanya mengoperasikan tak kurang dari 23 pabrik yang tersebar di Tangerang, Bandung, Boyolali, Sragen, Ungaran, dan Tasikmalaya sebagian dari 30.000 buruh menanti kepastian hak atas upah dan THRnya hari ini.

Kami Federasi Serikat Buruh Karya Utama Anggota Konfederasi Serikat Nasional Mendesak PT. Pan Brothers, Tbk. untuk SEGERA MEMBAYAR SELURUH UPAH DAN THR PEKERJA DAN MENDESAK PEMERINTAH MEMBERIKAN SANKSI TEGAS TERHADAP PERUSAHAAN YANG MEMOTONG UPAH SECARA SEPIHAK BERDALIH PANDEMI!

 

Jakarta, 9 Mei 2021

Ketua Umum: Yohannes Joko Purwanto

Sekretaris Umum: Zaenal Rusli

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here