Bagaimana PSBB Lokal Kota Tangerang Dapat Berjalan Sukses?

0
874

Sabtu, 18 April 2020 yang lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah secara resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah kota Tangerang. Pedoman pelaksanaan tersebut diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal) No. 17 tahun 2020.

PSBB lokal tersebut merupakan turunan dari PSBB nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Selain itu, peraturan teknis PSBB ditetapkan melalui Permenkes No. 9 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB (klik untuk mengunduh peraturan).

PSBB merupakan pembatasan sejumlah aktivitas yang diatur dalam peraturan, meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi, kegiatan di tempat/ fasilitas umum.

Berbeda dengan kebijakan karantina—yang diatur dalam UU Kekarantinaan Kesehatan No. 6 tahun 2018, PSBB memberikan pengecualian pembatasan terhadap sejumlah aktivitas. Pengecualian ini termasuk aktivitas industri dan perekonomian, serta fasilitas umum dasar seperti penjualan bahan pangan dan pokok.

Dalam penetapan PSBB lokal, kepala daerah, termasuk Walikota Tangerang diwajibkan menyampaikan informasi kepada Menteri Kesehatan tentang kesiapan daerah tentang ketersediaan kebutuhan hidup dasar, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan jaring pengaman sosial serta aspek keamanan. Dalam kata lain, kesuksesan PSBB lokal ditentukan oleh kesiapan daerah itu sendiri.

Sebagai rakyat yang peduli terhadap penyebaran wabah Covid-19, berikut ini adalah beberapa poin usulan langkah-langkah teknis penting yang perlu dipersiapkan oleh pemerintah kota Tangerang.

  • Siapkan Rumah Sakit Khusus penanganan Covid-19, dan maksimalkan penggunaan tempat-tempat atau gedung-gedung yang tidak beroperasi untuk menambah jumlah fasilitas kesehatan. Tempat yang digunakan harus dalam kondisi bersih dan steril dengan rutin penyemprotan disinfektan. Tempat tidur pasien diatur dengan menjaga jarak antar tempat tidur. Selain itu, perlu ada pemisahan tempat penanganan bagi pasien ODP, PDP maupun pasien positif Covid-19
  • Pemerintah Kota Tangerang membentuk tim untuk memastikan ketahanan pangan warga. Tim tersebut bertugas dalam memastikan stok kebutuhan warga di setiap rumah tangga dan kepala keluarga. Asupan pangan harus memenuhi standar nutrisi.
  • Pemkot Tangerang dapat mengagendakan ‘Diam Di Rumah 2 Hari’, di mana semua orang, baik yang bekerja maupun yang berdagang untuk berdiam diri di rumah tanpa kecuali. Agenda ini sekaligus dapat menjadi momen beristirahat bagi kaum pekerja untuk menjaga daya tahan tubuh. Setiap perusahaan atau tempat kerja harus meliburkan pekerjanya selama dua hari, kecuali bagi sektor yang esensial, terutama produsen masker maupun alat kesehatan.
  • Selama agenda ‘Diam Di Rumah 2 Hari’, Pemkot Tangerang membentuk Tim Semprot Disinfektan, Tim Penjaga, dan Tim Cek Suhu Tubuh. Seluruh tim tersebut beroperasi pada tingkat RT/RW.
    1. Tim Semprot Disinfektan melakukan penyemprotan disinfeksi ke rumah dan lingkungan RT/RW
    2. Tim Penjaga, menjaga lingkungan RT/RW untuk memastika warga beristirahat di rumah, dan berjaga jika ada warga yang membutuhkan pertolongan apapun.
    3. Tim Cek Suhu Tubuh, bertugas mendatangi warga dari pintu ke pintu untuk memeriksa suhu tubuh semua warga di rumah masing-masing. Jika ada warga dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, warga tersebut harus segera dibawa langsung ke rumah sakit terdekat.

Keberhasilan kita, dan rakyat Indonesia dalam memerangi wabah Covid-19 terletak pada kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat yang berpartisipasi aktif. Usulan-usulan dari masyarakat dan kelompok sipil patut menjadi bagian pertimbangan ketika pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan.

Ayo teman-teman kita terus berpartisipasi dan memberi masukan terbuka kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here