FPBN

Nama Organisasi : FEDERASI PERJUANGAN BURUH NASIONAL
Bentuk Organisasi : Federasi
Tanggal &
Tempat Berdiri
: 14 MARET 2016, MAKASSAR- SULAWESI SELATAN
No dan Tanggal
Pencatatan
: 156/FPBN/VI/2016, tanggal 13 juni 2016
Alamat Sekretariat : btn perum perumnas, sudiang. jln. Makassar IV blok A 101,
Kel : laikang. Kec : Biringkanaya. Makassar – Sulawesi
Selatan
Email : fpbn@gmail.com
Latar Belakang Berdiri : FPBN awalnya merupakan serikat buruh-serikat buruh tingkat pabrik yang bersepakat untuk membentuk suatu wadah perjuangan yang lebih besar. kesadaran untuk membentuk wadah perjuangan ini bukan serta merta hadir begitu saja, tapi dari suatu pengalaman-pengalaman buruk yang dirasakan oleh para buruh tingkat pabrik.

Pengalaman-pengalaman ini tentu saja berhubungan dengan hak normative yang selalu dilanggar oleh para pimpinan perusahaan, baik dalam bentuk kebijakan yang bertentangan dengan regulasi / aturan, maupun alasan-alasan yang sengaja dibuat-buat.

Namun pada akhirnya serikat buruh tingkat perusahaan ini menyadari bahwa persoalan ini tidak hanya diperusahaan, akan tetapi juga berada pada aturan perundangan-undangan serta kebijakan pemerintah yang selalu saja tidak memihak kepada kaum buruh

Maka serikat buruh-serikat buruh tingkat pabrik ini yaitu SPBN ALINDO, SPBN HARAPAN UTAMA, SPBN SOUTH SUCO, SPBN CMI, dan SPBN RODA MAS BAJA INTI, pada tanggal 14 maret 2016 mendeklarasikan diri sebagai suatu wadah yang disebut FEDERASI PERJUANGAN BURUH NASIONAL dan disingkat FPBN.

Visi : Mensejahterakan buruh, anggota dan keluarganya
Misi : Membangun kesadaran klas rakyat pekerja dan mendorong persatuan rakyat pekerja untuk berjuang bersama-sama demi tercapainya kesejahteraan rakyat pekerja
Slogan : BERSATU, BERJUANG, MENANG
AFILIASI SERIKAT : KONFEDERASI SERIKAT NASIONAL
AFILIASI GERAKAN : KONFEDERASI
PERGERAKAN RAKYAT INDONESIA